Rabu, 30 Desember 2015

Kerajinan Dari Batok Kelapa dan Pohon Kawung Solusi Tingkatkan Ekonomi Warga Kertaharja Ciamis (Foto: Riza)
Kerajinan Dari Batok Kelapa dan Pohon Kawung Solusi Tingkatkan Ekonomi Warga Kertaharja Ciamis (Foto: Riza)

Kerajinan Batok Kelapa dan Pohon Kawung Solusi Tingkatkan Ekonomi Warga

CIAMIS,FOKUSJabar.com: Sumber daya alam berupa pohon kelapa dan Pohon Kawung yang berada di daerah Kertaharja Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis, dijadikan solusi untuk meningkatkan perekonomian warga. Yaitu dengan membuat kerajinan berupa seni terapan dan seni murni dari bahan baku kedua pohon tersebut.
Salah satu pengrajin batok kelapa dan poho kawung Kertaharja Hendi mengatakan, dari bahan baku batok kelapa bisa dijadikan produk kerajinan seperti asbak, poci, tempat cermin dan lainnya yang lebih ber-estetika.
Adapun bahan baku batang pohon Kawung, bisa dijadikan cobek, piring, cerutu dan seni terapan lainnya.
“Produk yang dibuat dari bahan baku batok kelapa dan pohon kawung kualitasnya bisa dijamin, selain alami, juga bisa bertahan lama,” ungkap Hendi ketika menggelar barang daganganya di Islamic Center Ciamis, Rabu (30/12/2015).
Batok kelapa dan batang pohon Kawung juga bisa dijadikan kerajinan hiasan atau Seni Murni bagi para pecinta dan pelestari budaya.
“Ada juga produk seni murni untuk hiasan, seperti bentuk kris, ukiran-ukiran kaligrafi, dan banyak lagi bentuk lain yang bisa dipesan sesuai keinginan konsumen,” jelas Hendi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar